Jaringan Pengangkut Pada Tumbuhan

Jaringan pengangkut pada tumbuhan


Jaringan Pengangkut Pada Tumbuhan - Pada tumbuhan yang mempunyai pembuluh ( vascular system ). Pengangkutan air dan garam mineral dari dalam tanah serta air dan garam mineral dari dalam tanah serta hasil fotosintesis dilakukan oleh jaringan pembuluh. Selain bertugas dalam sistem pengangkutan, jaringan ini juga bertindak sebagai penyokong tanaman. Hal ini dapat diibaratkan seperti sistem peredaran darah dan sistem rangka pada binatang.

1. Xilem
Jaringan pengangkutan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu xilem dan floem.

a). Trakea merupakan unsur xilem yang sekat-sekat antar selnya sudah hilang sehingga terdapat lubang pada ujung selnya. Adapaun trakeid merupakan unsur xilem yang pada ujung-ujung selnya masih bersekat dan memiliki noktah. Ujugn sel yang satu dengan ujung sel lainnyasaling menyambung sehingga terbentuklah suatu pembuluh. Pengangkutan air dan garam mineral dari dalam tanah dilakukan oleh trakeid melalui noktah-noktah yang terdapat pada sekat antar pada sekat antar sel xilem, sedangkan pada trakea melalui lubang ujung-ujung sel.

b). Serabut xilem biasanya menyatu dengan trakeid.

c). Parenkima xilem merupakan unsur xilem yang bertugas dalam penimbunan cadangan makanan.

2. Floem
 Pembuluh floem mempunyai tugas utama mengangkut hasil fotosintesis dari daun untuk disebarkan keseluruh bagian tumbuhan. Floem dapat dibedakan menjadi 2, yaitu floem primer dan floem sekunder. Floem primer adalah floem yang terbentuk dari diferensi meristem apikal atau ujung batang. Floem sekunder adalah floem yang terbentuk dari meristem sekunder, yaitu kambium.
Floem terdiri atas buluh tapis, sel pengiring, parenkima dan serabut floem.

a. Buluh tapis berbentuk seperti tabung yang membentuk saluran dan berdekatan dengan sel pengiring.
b. Sel pengiring berbentuk silinder dan mempunyai plasma yang pekat.
c. Parenkima floem tersusun atas tepung damar atau kristal, memiliki dinding primer dengan lubang kecil yang disebut noktah halaman.
d. Serabut floem merupakan penguat floem karena mempunyai dinding sel yang tebal dan susunan selnya saling berimpit.


Hanya sampai sini yang dapat saya bagikan. Jika anda mempunyai saran dan tambahan silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih.
Share this article :
 

Posting Komentar

SAY NO TO SARA

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFOLOWE Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger