Struktur Sel Saraf

sel saraf


Struktur Sel Saraf - Sel saraf atau neuron merupakan sel yang sitoplasmanya banyak mengandung ribosom, retikulum endoplasma, badan golgi, dan mitokondria. Neuron memperoleh makanan melalui sel neuroglia yang menyelubunginya. Neuron terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut.

1. Badan sel
bagian ini mengandung inti sel. Setiap rangsang yang diperoleh akan diteruskan ke badan sel oleh dendrit.

2. Dendrit
Bagian ini merupakan serabut sitoplasma yang berfungsi meneruskan rangsang ke badan sel.

3. Akson
Bagian ini merupakan serabut sitoplasma tunggal yang berfungsi membawa rangsang meninggalkan badan sel.

Akson, pada beberapa vertebrata diselubungi oleh sel schwann ( sel penyokong ). Cabang-cabang akson terbentuk pada ujung akson ( terminal akson ). Titik temu antara terminal akson dari neuron yang satu dengan neuron lainnya disebut sinaps. Sinaps mengeluarkan neurotransmitter dalam meneruskan rangsangan ke sel saraf lain.

Akson dikelilingi oleh selubung mielin ( selubung lemak ). Selubung mielin terbentuk dari perluasan membran sel dari sel schwann. Namun, tidak semua akson diselubungi oleh selubung mielin, misalnya pada daerah nodus ranvier, yaitu tempat pertemuan antara satu selubung dari satu sel schwann dan selubung berikutnya. Nodus renvier mempunyai peranan penting untuk perbanyakan impuls saraf sehingga impuls saraf dapat melompat dengan cepat dari satu nodus ke nodus berikunya.

Cukup samapi sini yang dapat saya sampaikan, atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih. Apabila anda mempunya saran dan tambahan silahkan tulis pada kolom komentar.
Share this article :
 

Posting Komentar

SAY NO TO SARA

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFOLOWE Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger