Menulis Laporan Penelitian



Laporan penelitian adalah salah satu jenis dari karya ilmiah. Dalam penulisan laporan penelitian, tidak dapat dilakukan sembarangan. Terdapat syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah bahwa anda telah benar-benar melakukan penelitian tersebut. Sehingga apa yang anda tulis dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan fakta dari penelitian anda. Sebelum melakukan penelitian, biasanya kita akan dihadapkan pada sebuah thesis/teori penelitian sebelumnya. Jika hasil penelitian anda berbeda dari thesis, tulislah hasil penelitian anda sendiri. Jangan terlalu terpaku terhadap thesis.

1. Pilih Topik
Topik sangat penting dalam penulisan suatu laporan penelitian, ketika memilih suatu topik. Pilihlah topik yang menurut anda menarik dan anda dapat mengumpulakan informasi yang cukup tentang topik yanga akan anda bahas nantinya.

2. Menempatkan Informasi
Gunakanlah informasi dari berbagai sumber dan referensi tentanf penelitian yang anda lakukan. Anda dapat mencarinya pada ensiklopedia atau pada laporan-laporan penelitian sebelumnya. Untuk mempermudah anda dapat mencarinya di internet.

3. Siapkan Lembar Catatan
Ini sangat penting untuk mencatat secara rinci setiap langkah yang anda lakukan dalam penelitian. Jangan menyepelekan hal ini, hal ini sangat penting dalam penelitiam.

4. Siapkan Judul
Tulislah judul berdasarkan penelitian yang anda lakukan, jangan sampai menyimpang sedikitpun dengan penelitian anda.

5. Buat Daftar Isi
Daftar isi berisi topik utama dan sub topik yang dinilai penting dalam penelitian.

6. Isi
Ini adalah bagian utama dalam laporan penelitian, karena pada bagian isi berisi tentang tujuan penelitian hingga hasil penelitian anda.

7. Langkah Akhir
Sebelum anda print-out laporan penelitian anda, alangkah baiknya jika anda mengecek sekali lagi, apakah sudah terdapat halaman judul, daftar isi, seluruh penomoran dalam daftar isi sudah benar, sudahkah terdapat catatan kaki yang berisi kutipan-kutupan penting, apakah terdapat kesalahan penulisan kata. Jika semua sudah anda cek dan terasa benar, anda dapat print-out laporan penelitian anda.

Sekian yang dapat saya bagikan kepada anda, untuk selebihnya saya harapkan kritik dan saran pada bagian komentar. Semoga yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk anda.












Share this article :
 

Posting Komentar

SAY NO TO SARA

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFOLOWE Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger